Memiliki tubuh yang ideal dan sehat menjadi dambaan banyak orang. Sementara, beberapa memilih jalur  tidak sehat untuk mendapatkan hasil yang instan. Diantaranya mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dan lemak secara berlebihan. Padahal, dampak yang akan ditimbulkan setelahnya jauh lebih berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut tips menaikkan berat badan yang aman dan sehat! edctoto login

1.       Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi

Makanan yang kaya akan nutrisi, akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kadar gula yang tinggi. Sebab, tetap perhatikan kualitas bukan hanya kuantitas makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang sehat meliputi, buah, sayur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, telur, tempe.

2.       Makan lebih sering dengan jumlah sedikit

Menambah jumlah frekuensi makan dengan porsi yang sedikit adalah salah satu strategi agar lambung tetap bekerja untuk mencerna makanan. Alih – alih makan dengan porsi besar lalu kekenyangan, untuk program menaikkan berat badan lebih dianjurkan makan dengan porsi sedikit agar dapat menaikkan frekuensi makan harian.

3.   Memilih makanan padat kalori

Salah satu cara menaikkan berat badan secara perlahan adalah dengan menambah asupan kalori sebanyak 300–500 kkal per hari. Untuk mencukupi kebutuhan kalori, Anda dapat mengonsumsi makanan padat kalori yang kaya lemak sehat dan protein. Beberapa pilihan makanan sehat yang padat kalori adalah sebagai berikut:

  • Daging merah, salmon, ayam, dan telur.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah.
  • Kentang, gandum utuh, dan nasi merah.
  • Susu dan yogurt full-cream, keju, atau produk olahan susu lainnya.

4.       Memilih cemilan sehat

Selain makanan utama, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi camilan sehat sebagai cara menaikkan berat badan. Camilan sehat dan kaya nutrisi, seperti cokelat hitam, buah-buahan, roti gandum, dan yogurt bisa menjadi pilihan sumber kalori tambahan. Meski bertujuan menambah berat badan, usahakan untuk menghindari jenis camilan seperti gorengan, karena mengandung minyak jenuh dan tinggi kolesterol. Alih-alih mendapatkan berat badan ideal, gorengan justru meningkatkan risiko obesitas dan beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

5.       Rutin berolahraga

Salah satu jenis olahraga yang dapat menambah massa otot adalah pilihan terbaik untuk program menaikkan berat badan. Sehingga dapat mengurangi jumlah lemak yang ada pada tubuh. Olahraga penambah massa otot diantaranya, angkat beban, push up, lunges, plank dan sejenisnya.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *